Hay sob,, salam bikers.

Touring adalah salah satu hobi wajib yang dimilki para riders.. jiwa petualang dan berkendara. Gw rasa jarang para bikers nggk ngelakuin yang satu ini.

Gw mau berbagi tips seputar syarat wajib buat lho semua para bikers jika ingin melaksanakan touring, baik itu dalam kota maupun keluar kota, dekat ataupun jauh. Ini bukan masalah kenyamanan dalam hal berkendara, sebab banyak dari kita para riders menyukai hal yang sangat extreme dan kenyamanan itu diukur berdasarkan bikers itu sendiri.

Syarat – syarat dalam touring yang gw maksud adalah

1. Duit

duit

Jika duit nggk mendukung, mustahilkan jika ngelakuin touring apalagi sampai ngerepotin orang lain, kan malu bangetz tu.. bawalah duit secukupnya, agar tidak menjadi korban rampok, pencuri atau maling… lebih bagusnya lagi jika lho brada n sista punya keterampilan lebih, sambil touring bisa cari uang juga.

2. Waktu

waktu1

Jika lu punya waktu luang, apa salahnya untuk rekreasi, touring kemana aja yang sobat suka. Tapi jika waktu tidak memungkinkan ada baiknya jangan touring deh, sebab toring kejar target itu nggk enak banget. Bisa jadi target nggk kesampaian, malahan repot dan jadinya nggk happy donkzz..

3. Kesehatan

1

Kesehatan itu sangat mahal harganya, jika lho sedang sakit apalagi parah bangetz penyakitnya, mau maksain tuk touring???  Kan nggk mungkin bangetz tu..

Pikirkan lagi sebelum pergi touring.. Semoga bermanfaat.

Motor Terunik di Dunia

Posted: 09/07/2013 in Motor Ceper

Ceper adalah motor terunik didunia, dimana adanya Cuma di Indonesia aja. Dinegara laen gue rasa belom ada sob. Ciri khas dari motor ceper ini adalah bannya yang kecil dan mesinnya yang hampir menyentuh tanah. Keunikan dari motor ceper ini yakni walaupun motornya kecil, rendah, jalannya kayak siput, dan hamper menyentuh tanah namun peminat motor ceper ini cukup banyak sob. Tidak jarang dari para penghobi maupun penggila motor ceper ini touring di medan yang bukan aspal seperti off road. Woooooooowwwww, it’s AMAZING !!!!!!!!

tour

tour off road

tour 2

Selain itu motor ini bisa dilipat seperti sepeda, tapi tetep layak jalan sob.

motor lipat

motor lipat 1

Tapi sayangnya ada daerah di Indonesia, yang memiliki peraturan ceper di larang masuk, jika masuk daerah tersebut kena tilang . Hupt😦
Padahal selama ini, belum pernah gw denger kalo motor ceper masuk dalam daftar hitam seperti tabrakan, membuat macet jalanan. Kenapa yak ok bisa begitu ? Padahan ban kecil, terus aja dibuat oleh beberapa pabrikkan ban di Indonesia. Bingung gw jadinya:/

Beberapa hal yang dapat merusak sistem manajemen organisasi:

1. Pembentukan Klub/Komunitas tidak diikuti adanya komitment yang kuat dan arah organisasi yang jelas dan terarah.

2. Organisasi Hoby memang diakui tidak ada kewenangan dan hirarki komando/jabatan yang kuat karena organisasi ini adalah masuk kedalam kategory hoby

3. Terdoktrin seolah Bikers hanya For Fun & Happy dan menitikberatkan kegiatan utama hanya seputar motor, touring dan aksi sosial saja

4. Tidak ada kegiatan/ orang yang memberikan skill & motivasi
5. Tidak menggunakan manajemen organisasi yang baik
6. Kurangnya Regenerasi dan Kaderisasi
7. Kurang menyadari dan mengarahkan adanya potensi Bikers dalam komunitas

8. Rasa fanatisme dan eksklusifitas yang berlebihan
9. Cenderung memperhatikan program kerja untuk eksternal Bikers/ klub nya sendiri

10. Relationship minim
11. Sulit mendapatkan dukungan Sponsor dalam menjalankan program kerja & Event

12. Variatif kegiatan yang monoton
13. Kurang mendapat perhatian & dukungan masyarakat, aparat serta pemerintah

14. Image negatif karena adanya perilaku tidak simpatik di jalanan oleh sebagian klub/ komunitas

15. Kurangnya komunikasi sesama anggota dan klub lainnya
16. Mencari quantitas anggota daripada kualitas pada akhirnya sulit untuk dikendalikan

17. Organisasi sudah besar tapi tidak siap besar dan banyak yang melupakan konsep awal klub

A. PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Buah adalah suatu organ pada tumbuhan berbunga yang merupakan perkembangan lanjutan dari bakal buah (ovarium). Buah – buhan biasanya membungkus dan melindungi biji. Aneka rupa dan bentuk buah tidak terlepas kaitannya dengan fungsi utama buah, yakni sebagai pemencar biji tumbuhan. Pengertian buah dalam lingkup pertanian (hortikultura) atau pangan adalah lebih luas daripada pengertian buah di atas. Karena buah dalam pengertian ini tidak terbatas yang terbentuk dari bakal buah, melainkan dapat pula berasal dari perkembangan organ yang lain. Karena itu, untuk membedakannya, buah yang sesuai menurut pengertian botani biasa disebut buah sejati.

Buah seringkali memiliki nilai ekonomi sebagai bahan pangan maupun bahan baku industri karena di dalamnya disimpan berbagai macam produk metabolisme tumbuhan, mulai dari karbohidrat, protein, lemak, vitamin, mineral, alkaloid, hingga terpena dan terpenoid. Ilmu yang mempelajari segala hal tentang buah dinamakan pomologia Dalam pandangan botani, buah adalah sebagai mana yang tercantum pada paragrapf pertama diatas. Pada banyak sepesies tumbuhan yang disebut buah mencakup bakal buah yang telah berkembang lanjut beserta dengan jaringan yang megelilinginya.

Read the rest of this entry »

PENDAHULUAN

  1. A.    LatarBelakang

            Centella asiatica ( L. ) Urban atau yang biasa dikenal dengan sebutan pegagan merupakan genus dari keluarga tanaman Apiaceae ( Umbelliferae ) yang berisi 20 spesies yang berbeda. Sinonim atau sebutan lain yang paling sering ditemukan adalah Hydrocotyle asiatica L. (B. Brinkhaus et al. 2000 ). Di Kalimantan Barat sendiri tanaman ini dikenal dengan sebutan pucuk pegage oleh suku Melayu dan daun pegaga oleh suku Dayak.

Pegagan merupakan tanaman liar yang ditemukan di Asia Tropis sampai daerah sub-tropis, mulai dari dataran rendah sampai tinggi 100 – 2500 m di atas permukaan laut ( Bermawie, N dkk. 2008 ). Pegagan banyak ditemukan tumbuh pada beberapa tipe habitat alami yang memiliki karakter tanah yang lembab,tanah berpasir, tempat yang ternaungi dengan intensitas sinar matahari yang rendah, maupun yang berada di lahan terbuka seperti padang rumput, pinggir selokan, pematang sawah hingga pada halaman rumah yang memiliki tanah yang lembab ( Januwati Mariam dan M. Yusron. 2005 ).

Tumbuhan jalukap atau pegagan memiliki perawakan terna atau herba tahunan. Batang berupa stolon yang menjalar atau merayap di atas tanah, memiliki percabangan simpodial, dengan tinggi hanya sekitar 30 – 50 cm, diameter batang antara 0,2 – 0,5 cm, dengan interkalar antara 10 – 12 cm. bentuk batang bulat, berwarna hijau  muda, tidak berumbi, mempunyai bulu halus yang tersebar pada permukaan batang ( Dharmono. 2007 ).

Daun merupakan daun tunggal dengan tata letak daun berhadapan, tepi daun berlekuk  5 – 7 lekukan dangkal dengan permukaan berbulu kasar. Warna daun hijau muda, dan teksturnya tipis lunak. Daun berbentuk bulat, ujungnya tumpul, pangkal berlekuk, urat daun menjari. Panjang dan lebar daunnya terbesar adalah antara 3 m dan 6 cm, sedangkan untuk ukuran panjang dan lebarnya dari yang terkecil adalah 1 cm, dan 1,5 cm ( Dharmono. 2007 ).

Read the rest of this entry »

Posted: 22/01/2013 in kuliahku

APLIKASI PUPUK BERIMBANG PADA TANAMAN CENGKEH

Centella asiatica di kalbar

Posted: 29/12/2012 in kuliahku

centella asiatica yang biasa dikenal sebagai obat tradisional yang telah dipakai masyarakat indonesia sejak dulu kala.

didaerah kalimantan barat sendiri tanaman ini dikenal dengan sebutan pegage (melayu kalbar) dan pegaga (dayak kalbar).

tanaman ini sangat mudah dijumpai di tepi jalan, tepi sawah, bahkan dipekarangan rumah.

tanaman ini mudah tumbuh dan beradaptasi dengan semua jenis tanah di kalbar (aluvial, organosol dan PMK) sehingga banyak dijumpai beragam spesies yang sangat berbeda, tetapi sayangnya belum terealisasikan jenis – jenis centella asiatica ini kedalam buku maupun jurnal ilmiah kalbar.

diduga di daerah kalbar memiliki lebih dari satu spesies centella asiatica namun sayangnya literatur yang ada baik nasional maupun internasional hanya menyebutkan nama umumnya saja yaitu centella asiatica itu sendiri belum atau kurang pengetahuan saya kalau nama – nama spesies maupun varietas centella asiatica ini sendiri tidak ada atau disebutkan secara spesifik.

padahal menurut penelitian spesies centella asiatica ini sendiri lebih dari 23 spesies, tapi penamaan spesiesnya hanya satu saja yaitu centella asiatica itu sendiri, hanya nama sinonimnya saja yang berbeda seperti Hydrocotyle asiatica.

perlu dilakukan riset lebih jauh sehingga kita dapat mengetahui spesies dari centella asiatica ini sendiri.