arti TAK pada motor

Posted: 05/12/2010 in Uncategorized

Kita sering membicarakan Tak pada sebuah kendaraan bermotor. Entah itu motor 2 Tak ataupun 4 Tak. Tetapi terkadang ada sebagian orang yang belum tahu pengertian Tak pada sebuah kendaraan bermotor.

Tak atau yang sering disebut slag/stroke/langkah gerakan pada piston (zuiger) pada sebuah kendaraan bermotor mempunyai arti yaitu jarak langkah atau gerakan piston didalam cylinder mulai dari yang paling atas ( rata dengan cylinder blok) sampai dengan gerakan yang paling bawah .

Batas gerakan piston yang paling atas biasanya disebut dengan titik mati atas atau disingkat TMA, dan gerakan yang paling bawah biasa disebut dengan titik mati bawah atau disingkat TMB.

Langkah yang sangat terbatas itu disebabkan oleh adanya kruk as yang menggerakan piston atau (zuiger). Pergerakan piston atau zuiger dari titik mati atas (TMA) sampai titik mati bawah (TMB) atau sebaliknya disebut dengan yang putaran kruk as nya sebanyak 180° atau setengah putaran.

pengertian motor 2 “TAK”
Yaitu setiap jenis motor berbhan bakar , yang dalam setiap cylindernya mendapatkan 1 x pembakaran gas, dengan hanya memerlukan gerakan piston sebanyak 2x. sefdangkan kruk as yang berputar satu kali atau satu lingkaran (360°). Untuk mesin motor 2 tak menggunakan oli sampingsebagai cmpuran bahan bakar ( bensin ) contohnya seperti motor tua yang ber merk Yamaha, Suzuki, Kawasaki, vespa, bajaj. Untuk merk Kawasaki yang tidak menggunakan oli samping adalah MERZI.

pengertian motor 4 “TAK”
Yaitu setiap jenis motor berbahan bakar, yang dalam setiap cylindernya utuk mendapatkan 1 kali pembakar gas memerlukan 4x gerakan piston dan putaran kruk as nya sebanyak 2x (720°) dengan disertai terbukanya klep masuk dan klep keluar masing – masing sebanyak 1x.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s